Langsung ke konten utama

Algoritma, Flowchart & Pseudocode Kalkulator Mobile Sederhana

 

Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari pehitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matamatika tertentu.

Pada kali ini yang akan saya jelaskan adalah tentang Algoritma, Flowchart & Pseudocode pembuatan kalkulator mobile sederhana, yang mungkin ini bisa dibilang berbeda dengan yang lain karena tombol angka pada kalkulator kali ini hanya angka 1 sampai 6 saja dan untuk prosesnya pun hanya penjumlahan dan perkalian saja.

Algoritma adalah sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi suatu masalah.
  • Inisialisasikan EditText (edtHasil, edtTempAkhir, edtTempAction, edtTempSum)
  • Inputkan nilai angka dari button angka (sample button: 1-6)
  • Masukan pada EditText edtHasil dan edtTempAkhir
  • Inputkan proses aritmatika dari button proses (sample button: +, x, =)
  • Masukan pada EditText edtHasil dan edtTempAction
  • Jika EditText edtTempAction adalah plus (+) maka Masukan EditText edtTempSum dari penjumlahan EditText edtTempAkhir dan EditText edtTempSum (edtTempAkhir + edtTempSum)
  • Jika EditText edtTempAction adalah kali (x) maka Masukan EditText edtTempSum dari perkalian EditText edtTempAkhir dan EditText edtTempSum (edtTempAkhir * edtTempSum)
  • Jika EditText edtTempAction adalah sum (=) maka Masukan nilai EditText edtTempSum pada EditText edtHasil
  • Jika EditText edtTempAction adalah kosong maka Masukan EditText edtTempSum dari EditText edtTempAkhir
  • Hasil

Flowchart adalah sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut.

Pseudocode adalah deskripsi tingkat tinggi informal dan ringkas atas algoritma pemrograman komputer yang menggunakan konvensi struktural atas suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan untuk dibaca oleh manusia dan bukan oleh mesin. Kode palsu biasanya tidak menggunakan elemen detail yang tidak diperlukan untuk kebutuhan pemahaman manusia atas suatu algoritma, seperti deklarasi variabel, kode ataupun subrutin untuk sistem yang bersifat spesifik.

Deklarasi Global:
EditText edtTempAkhir = (EditText) findViewById(R.id.edtTempAkhir);
EditText edtTempAction = (EditText) findViewById(R.id.edtTempAction);
EditText edtTempSum = (EditText) findViewById(R.id.edtTempSum);
EditText edtHasil = (EditText) findViewById(R.id.edtHasil);

Function Menampilkan Hasil:
public void edtHasilView(String txt) {
        String edtHasilOld = edtHasil.getText().toString();
        edtHasil.setText(edtHasilOld+txt);
}

Function Proses:
public void prosesTempSum(String txt, Boolean act){
            String edtTempAkhirGet = edtTempAkhir.getText().toString();
            String edtTempSumGet = edtTempSum.getText().toString();
            String edtTempActionGet = edtTempAction.getText().toString();

            int edtTempAkhirInt = Integer.valueOf(edtTempAkhirGet);
            int edtTempSumInt = Integer.valueOf(edtTempSumGet);

              if(edtTempActionGet.equals("plus")){
                  edtTempSum.setText(String.valueOf(edtTempAkhirInt + edtTempSumInt));
              }
              else if(edtTempActionGet.equals("kali")){
                  edtTempSum.setText(String.valueOf(edtTempAkhirInt * edtTempSumInt));
              }
              else if(edtTempActionGet.equals("sum")){
                  edtTempSum.setText("0");
              }
              else {
                  edtTempSum.setText(String.valueOf(edtTempAkhirInt));
              }
}


Komentar